cara backup database wordpress

cara backup database wordpress

24
11
SHARE

wordpress-logoAlhamdullillah sekarang sudah bisa menulis lagi di hadi.web.id setelah kemarin sibuk banget sampek gak sempat mengupdate blog ini. Saya sampaikan mohon maaf bagi semua penikmat hadi.web.id.

hadi kemarin sempat error bahkan page rank yang sudah ditanganpun melayang. mungkin hal ini dikarenakan update pada blog ini gak rutin seperti sebelumnya. Tidak tahu penyebabnya apa ketika saya cek menggunakan google search dengan keyword hadi ternyata hadi.web.id berada diurutan kesekian dari link2 yang ada. Wuh, kaget banget saya waktu itu.

Maka dari itu saya putuskan merombak hadi. hal yang pertama saya lakukan adalah cari informasi dulu gimana cara backup atau pindah database wordpress ke domain dan hosting baru agar bisa saya backup sementara. Tapi setelah tanya kesana kesini (via ym) ketemu cara update database wordpress. tapi caranya mbulet banget, and harus pindah data segala padahal data yang di hosting saya waktu itu mencapai 80 MB. bisa dibayangkan, sampe kering kali nunggunya. Maka dari itu saya putuskan pakai cara saya sendiri saja.

Cara yang terbersit dibenak saya untuk membackup database hadi waktu itu hanya menggunakan sistem Export Import. akhirnya ya saya putuskan pake cara itu. Berikut ini langkah2 memindah dan menyelamatkan database wordpress kita.

  1. Export WordPress anda dulu terlebih dahulu dan simpan file backup yang anda dapatkan
  2. Buatlah sebuah account baru di website yang menyediakan hosting gratis seperti 000webhost.com atau my-php.net usahakan yang support fantastico agar anda gak usah susah2 upload script wordpress server yang lain
  3. Setelah itu silahkan anda login ke cpanel hosting yang baru anda buat tadi
  4. Install wordpress melalui fantastico
  5. Setelah WordPress sudah terinstall Silahkan Import database wordpress anda dan jangan lupa centang bagian download and import file attactment agar semua gambar yang ada diwebsite blog anda juga diimport ke server yang baru
  6. Jika berhasil maka blog wordpress anda sudah terbackup di server yang baru.
  7. Lakukan Export pada WordPress backup di server pembantu tadi (agar nanti bisa digunakan untuk diimport kembali)
  8. Masuk ke cpanel blog yang mau anda perbaiki (sebagai contoh disini hadi.web.id)
  9. Masuk ke menu fantastico dan hapus wordpress yang telah terinstall
  10. Bersihkan semua log, temporari dan file yang tidak diperlukan di dari file manager atau ftp
  11. Setelah itu Install WordPress baru yang fresh (dari fantastico tentunya)
  12. Setelah terinstall Import database wordpress yang anda dapatkan dari proses export pada langkah ke 7 tadi. Oya, jangan lupa centang bagian download and import file attactment
  13. Proses sudah selesai (anda menikmati wordpress anda yang fresh tanpa harus kehilangan database posting dan komment yang sudah ada di blog anda sebelumnya)

Demikian cara membackup database wordpress yang sudah saya lakukan pada hadi.web.id, Semoga cara ini bisa membantu teman-teman yang ingin membackup database wordpressnya

11 COMMENTS

  1. bos…mau nanya nih..gimana ya caranya dapetin password wordpress yang udah lupa..sedangkan domain emailnya sudah berganti dari yahoo.com ke yahoo.co.id.
    kemaren dah pernah di coba pake forgot password, tp ga mau masuk ke doamin yang yahoo.co.id. karena email saya waktu daftar adalah yag yahoo.com. mhon banget bantuannya..n jawaban tlng kirim ke email saya..
    thanks dlu sebelumnya..

  2. iya bro gua juga masih bingung nich bro
    You may need to make /wp-content writable (at least temporarily) for it to create this directory. For example: $ cd /wordpress/ $ chgrp www-data wp-content (where “www-data” is the group your FTP client uses) $ chmod g+w wp-content ini artinya apa ya bro?

  3. Kok tutorialnya bolak-balik ?
    import dari server aslinya terus di upload dan install di server gratisan terus yang asli di hapus, Eh yang gratisan di import lagi terus dimasukin lagi ke server asli. Piye toh ?

    • Agar semua gambar dan link tidak ada yang rusak dan hilang. itu tujuannya, bayangkan jika anda hanya mengimport saja, maka link atau gambar tidak akan ikut. Itu sih logika dan pengalaman saya.

  4. terima kasih atas informasinya, beckup blog sangat perlu untuk jaga-jaga, cuman mau nanya aja sih kalu kita impor ke hosting lain berarti ada dua blog yang sama isinya dengan punya kita ? terus apa gak dowble content dg blog asli kita? terima kasih, salam kenal

LEAVE A REPLY